Yukk Ketahui Apa itu Chain Block dan Cara Kerjanya

Radarblitar.com – Chain block 5 ton merupakan salah satu alat atau perangkat tambahan yang memudahkan dalam aktivitas industri rigging dan lifting. Dengan chain block, seseorang bisa menurunkan atau mengangkat beban dengan sangat mudah. Chain block sendiri hadir dengan banyak varian yang bisa dipilih, sesuai dengan berat atau ketinggian yang diperlukan. 

Sebelum mengetahui bagaimana sih cara kerja dari sebuah chain block, sebaiknya anda memahami betul perihal komponen dari alat bantu industri satu ini. Di mana secara umum, chain block terdiri dri bagian-bagian yang akan beroperasi pada 2 chain loop, hand chain, dan lifting chain

Cara Kerja Chain Block
Sedangkan, untuk cara kerjanya, chain atau rantai terlebih dulu dililitkan ke roda (wheel) di mana roda itu merupakan inti dari sistem pengoperasian. Tatkala rantai ditarik, lifting chain akan berperan mengangkat pun menurunkan beban atau benda sehingga bisa dipindahkan dengan sangat mudah serta ringan.

Bagi operator yang menangani, ilmu terkait cara kerja dari sebuah chain block wajib dikuasai betul. Selain itu, sebagai upaya menunjang keamanan kerja dari chain block, maka ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan secara detail:

  • Pastikanlah, bahwa rantai tidak terjerat dan terikat satu sama lain, serta memastikan titik suspensi benar-benar masih layak pakai sehingga bisa digunakan secara maksimal
  • Pastikanlah, bahwa sling benar-benar sudah terkunci atau terikat sempurna, serta beban benar-benar siap tuk diangkut
  • Sebelum mengoperasikan pemindahan, pastikanlah area pemindahan benda terbebas dari segala hambatan dan rintangan
  • Jangan gunakan chain block melebihi kapasitas yang sudah ditentukan guna menghindari kecelakaan
  • Hindari gerakan-gerakan yang menjadikan benda yang dipindah menjadi bergoyang atau berayun-ayun

Pembelian Chain Block
Bisa disimpulkan, chain block merupakan alat bantu yang sangat erat kaitannya dengan dunia industri. Atas dasar itu, setiap pihak yang membutuhkan alat ini mesti jeli ketika membeli serta telaten saat perawatan. Dan yang terpenting, bukan hanya membeli sesuai kebutuhan, tetapi membelinya pun sebisa mungkin di tempat yang tepat dan terbaik.

Nah bagi anda yang membutuhkan chain block dan alat bantu industri lainnya, Mega Jaya siap menjadi partner terbaik anda. Di sana anda bisa membeli chain block sesuai dengan kapasitas yang diperlukan, baik dari segi berat maupun ketinggian. Selain itu, takel 5 ton pun bisa anda dapatkan sekalian di Mega Jaya.

Hadirnya Mega Jaya benar-benar menjadi solusi terbaik untuk sektor perindustrian. Apalagi, dengan pengalamannya yang sudah berkiprah lebih dari 35 tahun, maka kualitas produknya pastinya tak perlu diragukan lagi. Selain itu, jaminan pengiriman, penggunaan, serta harga yang sangat kompetitif bisa anda rasakan sendiri di Mega Jaya.

Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *