Kenali 5 Penyebab Susah Tidur Berikut Ini

Tidur adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi agar tubuh kembali fresh. Kita disarankan untuk tidur 6 hingga 8 jam setiap malam. Saat kelelahan setelah melakukan berbagai kegiatan harian, normalnya kita menjadi lebih mudah tidur di malam hari. Tapi, bagaimana jika ternyata kita justru susah tidur? Sedangkan esok kita harus kembali berkutat dengan banyak aktivitas. 

Susah tidur menjadi masalah yang sering dialami oleh masyarakat modern. Penyebabnya pun beragam, dan yang paling sering disebut-sebut sebagai penyebab susah tidur adalah karena kita minum kopi. Ini benar adanya, tapi lebih dari itu juga banyak penyebab susah tidur lainnya. Oleh karena itu kenali 5 penyebab susah tidur berikut ini.

1. Tidur siang
Tidur siang menjadi salah satu penyebab umum gangguan susah tidur. Durasi tidur harian yang seharusnya 6-8 jam ini sudah dikurangi dengan durasi tidur siang. Dengan demikian di malam harinya kita akan kesulitan untuk tidur. Untuk itu apabila kita benar-benar membutuhkan waktu tidur siang, sebaiknya cukup tidur satu atau kurang dari satu jam agar jam tidur malam kita tidak terganggu.

2. Lingkungan yang ramai
Tinggal di lingkungan yang tenang akan memudahkan kita istirahat, namun sebaliknya, jika tinggal di lingkungan yang cukup bising bisa jadi hal ini membuat kita susah tidur. Untuk bisa tidur memang membutuhkan lingkungan yang tenang dan kondusif. Apalagi jika rumah kita dekat dengan jalan raya atau tempat umum lainnya, yang seperti ini akan sering menjadikan kita sulit tidur.

3. Minum kopi
Di atas sudah disinggung bahwa minum kopi adalah salah satu penyebab susah tidur. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein dan jika dalam sehari minum kopi lebih dari satu kali, kita berpotensi sulit tidur di malam harinya sebab tubuh mengandung banyak kafein. Jadi, sebaiknya cukup minum segelas kopi per hari, dan hindari pula minum kopi di malam hari.

4. Olahraga malam
Ada sebagian orang yang memilih untuk berolahraga di malam hari. Mungkin karena belum sempat atau karena sudah menjadi rutinitas. Padahal jika kita olahraga di malam hari, metabolisme dan denyut jantung akan kembali meningkat. Akhirnya otot-otot tubuh yang seharusnya diistirahatkan kembali fresh lagi. Jadi kalau terpaksa harus olahraga, pastikan kita berolahraga setidaknya 3 jam sebelum jam tidur.

5. Masalah psikologis
Kondisi psikologis kita juga turut andil menjadi penyebab susah tidur. Dan yang paling sering dialami adalah gangguan kecemasan. Kurangnya kemampuan dalam mengelola emosi pada akhirnya menimbulkan gangguan tidur. Jadi, upayakan untuk selalu tenang dan rileks agar kita bisa beristirahat dengan tenang.

Demikian 5 penyebab susah tidur yang paling sering dialami. Karena penyebabnya berbeda-beda, maka cara mengatasinya pun harus berbeda. Jangan abaikan perihal susah tidur ini ya, segera cari solusi agar jam tidur kembali membaik. Oia, untuk mendapatkan informasi lebih seputar life style dan banyak hal lainnya, kita bisa mengunjungi www.miignon.com. Banyak informasi berbobot yang dapat kita temukan di situs tersebut.

Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *