Paket Return Jasa Pengiriman Barang Tidak Dikembalikan

paket return jasa pengiriman barang

Paket return tidak dikembalikan oleh jasa pengiriman barang ini biasanya terjadi kepada orang-orang yang berjualan secara online di marketplace. Maka dikembalikan biasanya itu adalah paket dengan pembayaran COD yang gagal dikirimkan oleh jasa pengiriman.

Sayangnya, paket yang harusnya dikembalikan tersebut terkadang tidak sampai kembali ke alamat pickup karena beberapa alasan. Sebagai seorang penjual tentunya harus menanggung kerugian ketika barang yang dikembalikan oleh pembeli tersebut tidak sampai kembali ke tangan.

Akan tetapi, untuk kamu yang mengalami hal ini tidak perlu khawatir terlebih dahulu. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan paket tersebut atau mendapatkan paket return tersebut.

Penyebab Paket Dikembalikan Oleh Jasa Pengiriman Barang

Metode pembayaran COD adalah salah satu metode pembayaran yang banyak di aplikasikan pada berbagai macam marketplace. Dengan menggunakan metode pembayaran COD nantinya pembeli harus membayarkan ketika pesanan datang.

Akan tetapi sayangnya ada beberapa kendala yang biasanya terjadi kepada paket COD. Salah satunya yaitu pembeli tidak berada di tempat ketika barang dikirimkan. Oleh karena itu, tidak sedikit pakai COD yang akhirnya dikembalikan ke penjual oleh jasa pengiriman barang.

Seorang pembeli juga bisa menolak barang ketika datang, dengan catatan barang tersebut belum dibuka sebelumnya. Ketika seorang pembeli menolak untuk menerima barang COD, maka biasanya kurir akan mengembalikan juga paket tersebut kepada penjual.

Jadi jangan heran, ketika kamu berjualan secara online dan mengaktifkan fitur COD biasanya ada cukup banyak paket yang dikembalikan atau direturn.

Cara Menemukan Paket Return yang Belum Dikembalikan Oleh Jasa Pengiriman Barang

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan paket yang dikembalikan oleh jasa pengiriman.

Karena ketika paket return tidak kembali ini bisa memberikan kerugian yang cukup besar, apalagi jika barang tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menemukan paket return di jasa pengiriman yang belum dikembalikan.

1. Datang ke Lokasi Agen Terdekat

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mencoba mendatangi lokasi agen terdekat. Karena biasanya ketika memang para karyawan agen pengiriman sedang sibuk, untuk paket return tidak dikembalikan langsung ke tempat awal.

Jadi kamu harus datang sendiri ke lokasi agen terdekat untuk mengambil paket tersebut. Langsung saja tanyakan kepada karyawan yang sedang bertugas apakah ada paket return kamu dengan memberikan nomor resi yang tercantum pada paket tersebut.

Beberapa agen pengiriman juga biasanya akan memberikan informasi ketika ada paket return. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan agen pengiriman ketika berjualan secara online dengan menggunakan marketplace.

2. Menghubungi Customer Service Agen Pengiriman yang Digunakan

Cara selanjutnya yang bisa dicoba yaitu dengan menghubungi customer service dari jasa pengiriman barang yang digunakan. Biasanya kamu akan diminta mengenai informasi paket tersebut, kemudian pihak jasa pengiriman akan mencoba mencari lokasinya ada di mana.

3. Tanyakan Secara Langsung Kepada Kurir yang Biasa Mengambil Paket

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menanyakan secara langsung kepada kurir yang biasa mengambil paket. Kamu juga bisa meminta kurir tersebut untuk membawakan paket return.

Berjualan secara online memang banyak memberikan dampak positif, akan tetapi beberapa dampak negatifnya juga ada. Salah satunya yaitu paket return yang tidak kunjung dikembalikan oleh jasa pengiriman barang ke lokasi awal penjemputan.

Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *