Alasan Puasa Bisa Membuat Tubuh Menjadi Semakin Sehat

Alasan Puasa Bisa Membuat Tubuh Menjadi Semakin Sehat

Bulan Ramadan menjadi waktu yang paling umat muslim tunggu. Selama sebulan penuh, seluruh umat muslim di dunia wajib menjalankan ibadah puasa dan menyucikan diri kembali.

Tetapi, tidak hanya mendapat pahala dari Allah, ternyata puasa juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Simak pembahasannya berikut ini, ya.

Menurunkan Berat Badan

Menurut Mama Bilang, banyak studi yang telah membuktikan bahwa puasa bisa  menjadi cara aman untuk menurunkan berat badan. Puasa selama bebarapa jam dalam sehari mampu membantu tubuh membakar sel lemak dengan lebih efektif daripada cara diet lainnya.

Ketika menjalankan puasa, tubuh akan terdorong untuk mengganti gula dengan lemak sebagai sumber energi tubuh pengganti gula. Alasan inilah yang membuat altelt memanfaatkan puasa untuk menurunkan lemak tubuh sebelum melakuakn sebuah pertandingan.

Menurunkan Tekanan Darah

Saat menjalan puasa, sebagian orang akan mengalami tekanan darah yang menurun secara signifikan. Hal ini terjadi karena asupan garam ke tubuh menurun dengan drastis dan meningkatkan kehilangan garam melalui urin.

Membersihkan Racun dalam Tubuh

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari sebagian besar memiliki kandungan yang beragam sehingga bisa menjadi racun bagi tubuh. Saat kita berpuasa, terjadi pembakaran lemak yang lebihb  banyak dari hari biasa.

Oleh sebab itu, racun yang tersimpan akan ikut keluar dari tubuh dan mulai berkurang. Puasa memang menjadi cara ampuh untuk membersihkan racun dalam tubuh kita.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terdapat studi yang menyatakan bahwa puasa bisa meningkatkan kinerja pada otot jantung, mengurangi kerusakan karena radikal bebas, dan mendorong pertumbuhan pembuluh darah dalam jantung.

Tidak hanya itu, puasa juga bisa menurunkan risiko penyakit yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.

Mengurangi Peradangan

Konsumsi protein yang berlebihan bisa mengakibatkan peradangan, terutama di bagian otak. Dengan berpuasa, kita bisa membatasi asupan protein sehingga menghambat terjadinya iritasi. Selain itu, puasa juga bisa menurunkan produksi radikal bebas dan melindungi tubuh dari efeknya.

Meningkatakn Sistem Imunitas Tubuh

Ketika tubuh sedang terserang infeksi, lebih baik kita memperbanyak istirahat dan mengurangi kerja organ dalam tubuh. Hal ini bertujuan agar sistem imunitas tubuh mampu bekerja lebih baik dalam melawan serangan infeksi.

Berpuasa dapat membantu tubuh meningkatkan daya tahan karena kerusakan tubuh akibat radikal bisa berkurang, peradangan dalam tubuh mereda, dan pembentukan sel kanker bisa tercegah.

Menjaga Kadar Gula Darah

Menurut Apakatadata, ketika berpuasa, tubuh kita semakin mampu menoleransi gula, termasuk glukosa yang terdapat dalam karbohidrat. Sebuah studi menunjukkan bahwa puasa bisa meningkatkan kemampuan insulin dalam mengirim sinyal kepada sel tubuh untuk menyerap glukosa dari darah. Dengan berpuasa, kadar gula darah bisa terjaga.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sistem pencernaan yang tidak baik bisa berpengaruh pada kemampuan metabolisme tubuh dalam membakar lemak maupun kalori. Dengan berpuasa, tubuh lebih mampu mengatur dan memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

Ketika tubuh sedang melakukan puasa, sistem pencernaan akan beristirahat karena tidak ada makanan yang perlu tubuh cerna. Inilah yang membuat metabolisme bekerja lebih baik saat membakar kalori.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Ternyata berpuasa bisa membantu proses regenerasi kulit karena tubuh tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjalankan fungsi sistem pencernaan. Puasa bisa membantu proses perbaikan fungsi organ lain seperti ginjal dan hati.

Dengan berpuasa, tubuh akan lebih mudah mengeluarkan racun dari dalam, termasuk racun yang bisa mengakibatkan jerawat.

Itulah beberapa alasan dari radar blitar mengapa puasa bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Yuk, semangat berpuasa untuk menjalankan perintah Allah sekaligus sebagai usaha menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *